Topologi Star dan Topologi Extented Star

Topologi Jaringan 
Jaringan Komputer berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih. Topologi Jaringan sendiri adalah suatu cara atau konsep yang di gunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih.

1. Topologi Star 

Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika end point dapat di capai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel dari pada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan) 

Di sebut topologi star karena bentuknya seperti bintang, sebuah alat yang di sebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat, dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini. 

Kelebihan Topologi Star :
• Setiap komponen dihubungkan langsung ke simpul pusat maka pengelolaan menjadi mudah. 
• Kegagalan komunikasi mudah ditelusuri 
• Kegagalan pada satu komponen tidak berpengaruh komunikasi terminal lain 
• Kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam deteksi dan isolasi kesalahan serta memudahkan pengelolaan jaringan.

Kekurangan topologi star :
• Kegagalan pusat kontrol (Simpul Pusat) memutuskan semua komunikasi 
• Bila di gunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer, semakin banyak semakin lambat 
• Boros dalam Penggunaan Kabel

2. Topologi Extented Star 
Sama seperti topologi Star. Tetapi dalam extended star, memiliki satu atau lebih repeater dalam satu node pusat dan jangkauannya lebih panjang di bandikan topologi Star.

Kelebihan yang di miliki topologi Extented Star adalah jika kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu.

Kekurangan dari Topologi Extented Star adalah tidak dapat di gunakan pada kabel yang "lower grade" karena hanya menghandel 1 traffic node, karena untuk berkomnikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.

Baca Juga Topologi Lainnya

1 Response to "Topologi Star dan Topologi Extented Star "

  1. good article, some students need this for their lesson or homework

    BalasHapus