Definisi dan Infrastrukur Pembangun WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan salah satu konsep Jaringan yang di gunakan dengan jangkauan yang paling luas

Definisi WAN (Wide Area Network) 
Jaringan WAN adalah jaringan yang mencakup wilayah yang luas, dan merupakan perluasan jaringan LAN (local area network) yang di rancang untuk berhubungan dengan jaringan Komputer teritorial yang menyediakan lebih banyak layanan dan pengguna yang lebih banyak, maka dapat dikatakan bahwa sebuah WAN menghubungkan lebih dari satu LAN dan di gunakan untuk wilayah geografis yang lebih besar. Sebuah WAN bekerja dengan cara yang mirip dengan LAN, hanya saja pada skala yang lebih besar. Biasanya, Perangkat WAN Menggunakan protocol TCP/IP berkombinasi dengan perangkat seperti router, switch, firewall dan modem.

Jaringan WAN mempunyai keuntungan, antara lain :
• Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
• Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail dan Chat
• Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui FAX ataupun kantor pos, paket dapat di kirim melalui e-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
• Pooling Data dan Updating Data antarkantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang di tentukan.

Untuk mengoneksikan jaringan WAN kita harus menggunakan alat khusus yang berkerja sebagai pusat layanan, misalnya satelit VSAT.
 VSAT merupakan jaringan atau sistem komunikasi satelit yang terdiri atas sejumlah STASIUN REMOTE (Terminal VSAT) dengan Menggunakan antena parabola berdiameter lebih kecil di bandingkan dengan komunikasi satelit lainnya.

insfrastuktur Pembangunan WAN (Wide Area Network) 

1. Router
Router Adalah peningkatan kemampuan dari Bridge. Router mampu menunjukan rute/jalur (router) dan mem-filter pada jaringan yang berbeda.

2. ATM Switch
Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.

3. Modem dan CSU/DSU
Modem mengonversi sinyal digital dan analog. Pada pengirim, modem mengonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon (public telephone line).

4. CSU/DSU (Channel Service Unit / Data Service Unit) 
CSU/DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui Jaringan telephone digital 

5. Communication Server 
Communication server adalah server khusus dial-in/dial-out bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN 

6. Multiplaxer 
Sebuah Multiplaxer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit (Circuit). Multiplaxer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.

7. X. 25/Frame Relay Switches
Switch X.25/Frame Relay menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, menggunakan sinyal digital.  Unit ini sama dengan switch ATM, tapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding dengan ATM. 

6 Responses to "Definisi dan Infrastrukur Pembangun WAN (Wide Area Network) "