Konsep Jaringan Komputer (PAN-MAN-LAN)

A. PAN (Personal Area Network) 
  
    Kontrol pada PAN dilakukan dengan auauthoritas pribadi. PAN atau Personal Area  adalah jaringan komputer di gunakan untuk
komunikasi antara perangkat komputer.
PAN dapat di gunakan untuk komunikasi
antara perangkat pribadi sendiri
(komunikasi intrapersonal)
Di samping itu Personal Area network (PAN) merupakan jaringan komputer yang di
gunakan untuk komunikasi atara perangkat
komputer dekat dari satu orang. Jangkauan
dari PAN biasanya beberapa meter.
 
  Kelebihan Personal Area Network (PAN)
  A. Control Pada PAN dilakukan dengan      
  autoritas pribadi
  B. Hanya di gunakan untuk sendiri

B. LAN (Local Area Network)
 
1. Definisi LAN (Locak Area Network)
Local Area Network (
LAN) merupakan sebuah konsep dari jaringan yang mempunyai jangkauan local.
Dengan Menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, Seperti menggunakan kabel UTP (Unshield Twister-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

Keuntungan dari Pengguna LAN lebih menghemat dalam pengeluaran biaya operasional, lebih hemat dalam penggunaan kabel, transfer data antara node dan komputer lebih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jarigan LAN.

Kerugian dari Pengguna LAN adalah cangkupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.
    Local Area Network (LAN) Adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil
seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Wide Area Network (WAN)
a. Mempunyai kecepatan data yang lebih tinggi
b. Mempunyai wilayah jangkauan yang lebih sempit.
c. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

2. Alat Untuk Membangun Sebuah Jaringan LAN (Local Area Network)
a. Router 

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

b. Switch
Pengertian Switch adalah peranti yang bisa dijadikan pengganti hub di jaringan anda. Switch tidak hanya berlaku sebagai pembagi sinyal, namun juga memfilter paket dan kemudian memforward paket tersebut di jaringan.

c. Hub
merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

d. Ethernet Card
Ethernet adalah teknologi jaringan komputer berdasarkan pada kerangka jaringan area lokal (LAN). Sistem komunikasi melalui Ethernet membagi aliran data ke dalam paket individual yang disebut frame

e. Ethernet Cable 
Merupakan kabel yang di gunakan untuk menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain sekaligus dapat menghubungkan komputer satu ke komputer yang lain sekaligus dapat di gunakan menghubungkan komputer ke router

f. Modem 

(MOdulator DEModulator) adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya

C. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.  Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

MAN sendiri memiliki beberapa karakteristik, di antaranya :
- Meliputi area seluas kisaran antara 5 dan 50km. Banyak MAN mencakup area perkootaan.
- Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak di miliki oleh satu generasi. MAN, Komunikasi linknya dan peralatan.
- MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggu untuk memungkinkan berbagi simber daya daerah
- MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN
- Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.

Teknologi Menggunakan Koneksi MAN
Asynchronous Transfer Mode (ATM)
adalah teknologi switching dan multiplexing, dimaksudkan untuk memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang, misalnya sinkron dalam waktu, langkah, sesuai dengan aplikasi dan / atau jam jaringan. Transmisi Asynchronous memungkinkan sel-sel yang akan diposisikan di mana saja dalam data stream. ATM saat ini memiliki kecepatan 155Mbps (OC-3port), 622Mbps (OC-12 port), 1,2 Gbps dan 2,5 Gbps. Asynchronous Transfer Mode (ATM) merupakan protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header) pada sirkuit virtual. Protokol lain yang berbasis paket, seperti IP dan Ethernet, menggunakan satuan data paket yang berukuran tidak tetap.


Pengertian Fiber Distributed data interface
atau disingkat FDDI
adalah Penggunaan serat optik sebagai media transmisi utama yang digunakan pada jaringan  komputer Lokal atau biasa disebut jaringan LAN dan terhubung melalui kabel serat optik. Teknologi FDDI adalah line 100 mbps digunakan pada jaringan yang memerlukan kecepatan bandwidth tinggi untuk menutupi jarak yang jauh yang biasanya ditutupi oleh kabel tembaga. Ada dua jenis jaringan dalam kategori ini, yaitu kabel berbasis fiber optic dan kabel berbasis kabel tembaga yang disebut Copper Distributed Data Interface (CDDI).

Switched Multimegabit Data Service (SMDS) merupakan sebuah jaringan packet switching publik, sekaligus termasuk ke dalam Teknologi jaringan WAN, Teknologi ini terutama digunakan untuk mengirim data dalam jumlah besar dengan proses yang sporadis.

1 Response to "Konsep Jaringan Komputer (PAN-MAN-LAN) "